TIPS LIBURAN KREATIF UNTUK ANAK SEKOLAH

MENGISI LIBURAN SEKOLAH  DENGAN KEGIATAN KREATIF

Hasil gambar untuk gambar liburan sekolah
Selain menyenangkan, buat kegiatan liburan sekolah anak jadi lebih bermanfaat.
Periode libur sekolah merupakan masa-masa yang paling ditunggu oleh setiap anak sekolah. Dalam kurun waktu ini, mereka tidak lagi dipusingkan dengan tugas-tugas maupun ulangan harian. Sebagai gantinya, ada banyak rencana seru tentang kegiatan libur sekolah yang mereka nantikan seperti berkumpul bersama keluarga atau bermain dengan teman-teman.
Sebagai orang tua, ada baiknya Anda mengarahkan buah hati untuk mengisi liburan sekolah dengan aktivitas yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bermanfaat. Beragam kegiatan ini pun dapat dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun luar rumah.
Sebagai bahan inspirasi, berikut beberapa kegiatan libur sekolah yang bisa Anda lakukan bersama anak-anak.
Pergi ke Tempat Edukatif
Hasil gambar untuk gambar liburan sekolahAktivitas ini cocok bagi Anda yang ingin mengisi waktu liburan anak dengan kegiatan  keluarga. Tak hanya melepas lelah dari rutinitas, mengunjungi tempat ini bersama-sama juga dapat meningkatkan harmonisasi dalam keluarga.
Ada banyak tempat edukatif yang bisa dikunjungi, seperti museum baik yang menyimpan benda-benda bersejarah maupun museum kontemporer. Selain itu, berbagai tempat wisata terpadu seperti Jawa Timur Park, Dunia Fantasi Ancol, Kebun Binatang, Trans Studio, dan sebagainya juga bisa jadi alternatif yang tak kalah seru.
Membuat DIY
Yuk, tingkatkan kreativitas anak-anak dengan membuat barang-barang secara DIY! Sesuai namanya, DIY—Do It Yourself—mengajak anak untuk membuat atau memodifikasi sesuatu tanpa memerlukan bantuan seorang yang profesional atau ahli dalam bidang tersebut.
Kegiatan swakriya ini juga umumnya menggunakan barang-barang bekas. Artinya, anak-anak pun secara tidak langsung juga diajarkan untuk berhemat dengan menggunakan kreativitasnya. Mereka bisa membuat tas, kotak pensil, aksesori, mobil-mobilan, dan bermacam-macam daya cipta lainnya.
Mendekat Dengan Alam
 bila Anda tinggal di kawasan perkotaan dan jarang menghabiskan waktu di alam terbuka, kini saatnya untuk mencoba hal baru. Ajak si kecil untuk menikmati alam seperti hiking di bukit yang cukup bersahabat, memancing, bermain di pantai, berkemah di kawasan bumi perkemahan, dan sebagainya.
Hasil gambar untuk kata bijak liburan sekolahDi samping itu, bila ada kerabat yang masih tinggal di lingkungan pedesaan, tidak ada salahnya mengajak anak untuk berkunjung. Anda dan keluarga dapat relaks sejenak dengan suasana pedesaan yang khas dan sejuk sekaligus bersilaturahmi. Di lingkungan yang belum terlalu terkontaminasi dengan modernisasi, si kecil juga bisa mencoba permainan tradisional anak yang kini semakin terlupakan dengan kehadiran gadget.
Mengolah Fisik dan Kreasi Seni
Tidak hanya berpikir akademis, anak juga perlu menjaga keseimbangan dengan kesehatan fisiknya. Bila sehari-hari anak sudah terlalu sering menghabiskan waktu dengan belajar, sekarang saatnya mengajak anak untuk menjaga kebugaran fisiknya.
Anda juga dapat membantu anak mengasah rasa seninya seperti melukis bersama. Aktivitas keluarga yang sederhana ini bisa dilakukan di dalam rumah atau dengan membawa anak ke alam terbuka untuk membuka jendela inspirasi. Menyenangkan, bukan?
Mengikuti Kursus Singkat atau Summer Camp
Wisata libur sekolah lainnya yang bisa dilakukan adalah mengikutsertakan anak-anak ke dalam kursus singkat. Opsi yang ditawarkan pun sangat bervariasi dan disesuaikan dengan kegemaran mereka, seperti kursus bahasa asing, menari, alat musik, dan lain-lain.
Meski tidak banyak, ada pula beberapa pihak yang menyelenggarakan summer camp di Indonesia. Selama beberapa hari, anak akan berkumpul dengan anak-anak lainnya dengan berbagai macam latar belakang. Acaranya pun akan dikemas sedemikian rupa dan banyak merangsang rasa kebersamaan, disiplin, kreativitas, tanggung jawab, dan hal-hal dasar yang dibutuhkan anak-anak dalam hidup bersosialisasi.
Bercocok Tanam
Satu lagi aktivitas menyenangkan yang bisa dan perlu dilakukan orang tua bersama anak di hari libur adalah bercocok tanam. Hari libur adalah hari yang panjang, bercocok tanam bisa menjadi pilihan yang tepat dan bermanfaat untuk anak. Orang tua bisa mengajak anak bercocok tanam sayuran atau bunga di teras rumah. Selain sangat menyenangkan, bercocok tanam akan membuat anak lebih paham mengenai tanaman.
Bersih-Bersih Rumah
Bersih-bersih rumah mungkin akan sangat membosankan dan sangat tidak disukai oleh anak-anak. Namun begitu, orang tua perlu mengajarkan anak untuk bersih-bersih rumah dan memastikan tempat tinggalnya selalu bersih serta nyaman. Bersih-bersih rumah bisa orang tua ajarkan pada anak di hari libur. Tak perlu bersih-bersih yang berat, cukup mengajaknya menyapu, mengepel dan menata mainannya dengan rapi sudah cukup bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi orang tua dan anak di hari libur.
Berkunjung ke Rumah Kakek Atau Kerabat Lain
Saat hari libur, cobalah untuk mengajak anak pergi ke rumah kakek/nenek atau bisa juga kerabat yang rumahnya dekat. Dengan pergi ke rumah kerabat inilah, anak bisa mengenal saudara mereka. Jika kerabat kebetulan memiliki anak yang seusia dengan buah hati Anda, keduanya bahkan bisa menjadi sahabat dan teman akrab. Keduanya bisa saling belajar dan cerita mengenai keseharian mereka.
Semoga bermanfaat!
Hasil gambar untuk kata bijak liburan sekolah

Baca Juga

>

1 Komentar

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Share This Article Now!!!