ASRAMA D'NUMB, KONDISI DAN SITUASINYA

SEKILAS TENTANG ASRAMA D'NUMB
Alamat: Dusun Bloc C2-Trans, Desa Harekakae-Kecamatan Malaka Tengah_kab. Malaka-NTT
Situasi Asrama D'Numb pada malam hari

Asrama adalah suatu tempat penginapan yang ditujukan untuk anggota suatu kelompok, umumnya murid-murid sekolah dan Asrama biasanya merupakan sebuah bangunan dengan kamar-kamar yang dapat ditempati oleh beberapa penghuni di setiap kamarnya. Para penghuni asrama biasanya tinggal di asrama untuk jangka waktu yang lama dikarenakan tempat tinggalnya yang jauh dari tempat mereka bersekolah.
Dalam sebuah sekolah, asrama  merupakan tempat dimana para siswa bertempat tinggal dalam jangka waktu yang relatif tetap bersama dengan bapak dan ibu asrama sebagai pengasuhnya yang memberikan bantuan kepada para siswa dalam proses pengembangan pribadinya melalui proses penghayatan dan pengembangan nilai budaya. Pada umumnya asrama yang didirikan harus memiliki kualitas baik di bidang pendidikan dan dan pembinaan mental dan kepribadian.
Asrama D'Numb adalah salah satu dari beberapa asrama yang dimiliki swasta bukan sekolah yang didirikan untuk untuk menampung siswa siswi yang bersekolah di SMA Negeri Harekakae. Di asrama mereka dibina untuk dapat hidup mandiri dan disiplin serta mampu mengenal karakter diri seiring dengan pertumbuhan usia mereka. Anak-anak asrama diarahkan untuk hemat dalam penggunaan keuangan yang diberikan oleh orang tua. 
Dalam penyelenggaraannya asrama D'Numb bertujuan untuk menunjang keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan di sekolah selanjutnya asrama D'Numb juga bertujuan memberikan bimbingan kepada siswa (penghuni asrama D'Numb), menanamkan rasa disiplin pada diri sendiri, membiasakan para siswa untuk mencintai belajar bersama-sama dengan teman sebayanya, membantu para siswa agar dapat menyesuaikan diri pada kehidupan sosial dalam lingkungan sebaya, dan membantu para siswa dalam proses pengembangan pribadinya melalui penghayatan dan pengembangan nilai-nilai kecerdasan dan keterampilan.
Selain memiliki tujuan untuk menunjang keberhasilan pendidikan didirikannya asrama D'Numb mempunyai prinsip-prinsip yang dapat membangun pengelolaan asrama yang bermutu. Prinsipnya harus sesuai dengan tujuan menyelenggarakan asrama, karena asrama bukanlah tempat podokan atau indekost, namun merupakan suatu hunian sekelompok individu yang relatif sama. Ide-ide pengelola asrama D"Numb tidak akan terlepas dari lokasi, lingkungan dan situasi sekolah. Di dalam asrama D'Numb diciptakan suatu suasana “home”, yaitu situasi dimana para penghuni asrama merasa berada di rumahnya sendiri, sehingga mereka selalu bersikap wajar dan merasa turut memiliki asrama tersebut.
Selanjutnya asrama D'Numb memberikan pengaruh positif dalam pembentukan dan penanaman sikap serta kebiasaan-kebiasaan yang baik pada diri murid-murid. Asrama D'Numb juga  menetapkan tata tertib dan disiplin yang disertai dengan usaha pengawasan untuk membantu pertumbuhan sikap yang baik bagi para penghuninya serta pengawasan dalam asrama dilakukan secara bersahabat dan kekeluargaan sehingga para penghuni tidak merasa selalu diawasi.
Penyelenggaran asrama D'Numb merupakan usaha niat pemilik asrama (swasta) untuk memfasilitasi murid-muridnya agar dapat bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitarnya dalam mengikuti kegiatan dan dapat menjadi orang yang lebih mandiri, disiplin dan mematuhi peratuhan yang diberikan di asrama sehingga dalam hal ini sangat diperlukan pengorganisasian pengurus asrama sekolah. Karena dalam pengorganisasian asrama D'Numb memerlukan pengelolaan yang serius agar penyelenggaraan asrama dapat berjalan seperti yang diharapkan serta mewujudkan cita-cita pengadaan asrama, maka diperlukan pelaksana yang lengkap dan sesuai dengan dengan kebutuhan asrama D'Numb tersebut.
Pengorganisasian asrama D'Numb itu dibutuhkan agar dalam penyelenggaraan asrama sekolah tersebut berjalan efektif dan efisien sesuai dengan rencana yang diharapkan. Oleh karena itu, perlu dibentuk organisasi pengurusan asrama D'Numb yang terdiri atas Bapak/Ibu asrama dan dibantu oleh beberapa pengawas dan pembina.  Bapak/Ibu asrama berfungsi sebagai pengawas umum yaitu penanggung jawab atas seluruh situasi dan penyelenggaraan asrama sebagai suatu kesatuan yang integral.Sedangkan pengawas yang mempunyai fungsi membantu Bapak/ibu asrama dalam menjalankan kebijaksanaan dan pengelola asrama sekolah.
Dalam kepengurusannya Bapak/Ibu Asrama bertugas menjaga penghuni asrama yaitu murid-murid sekolah yang tinggal di asrama agar mereka tidak melanggar peraturan yang sudah diberikan oleh asrama D'Numb dimulai dengan peraturan keluar masuk asrama D'Numb harus lapor kepada Bapak/Ibu Asrama, jam malam untuk tamu yang datang pukul 21.00 malam dan tamu yang datang untuk mengunjungi penghuni asrama harus melapor pada Bapak/Ibu Asrama. Sedangkan pengawas asrama pertugas membantu Bapak/Ibu asrama dalam menjalankan pengelolaan asrama sekolah mulai dari memantau keadaan asrama, fasilitas-fasilitas asrama dan penghuni asrama.
Mekanisme Kepengurusan Asrama D'Numb
  1. Tim Pengelola bertugas menetapkan dan melaksanakan kebijakan seluruh mekanisme kerja kehidupan asrama D'Numb. Dalam melaksanakan tugas keseharian, Tim Pengelola dibantu oleh Pembina dan Pengurus Rumah Tangga Asrama (PRTA).
  2. Pembina asrama bertugas membimbing warga asrama dalam kehidupan sehari-hari dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan asrama.
  3. Pengurus Rumah Tangga Asrama (PRTA) bertugas menyusun dan melaksanakan program kegiatan tahunan serta melaksanakan program pembinaan di asrama D'Numb.

Baca Juga

>

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Share This Article Now!!!