MARI BERSEKOLAH

MENGAPA KITA HARUS SEKOLAH ?


       Menurut kalian, apa itu sekolah? Sekolah itu sebuah tempat yang di dalamnya berisi berbagai hal yang menyangkut tentang “ Ilmu “. Bahkan bukan ilmu saja, tetapi bagaimana cara kita untuk menjalin suatu hubungan dengan yang lainnya dan nantinya kita akan saling membutuhkan. Sekolah menjadi tempat tinggalnya para murid bahkan guru, mereka saling berhubungan dan memerlukan. Sekolah itu sudah menjadi rumah kita di lingkungan luar, murid sangat perlu untuk dibimbing oleh guru sebagaimana harusnya. Bukan hanya dibimbing tetapi juga diajarkan segala sesuatu yang memang mestinya kita dapatkan karena tujuan kita sebagai seorang murid kedepannya banyak dan berbeda.
       Umat manusia bisa maju seperti saat ini karena kita hidup saling membantu dan memenuhi kebutuhan sesama dengan cara tukar-menukar. Agar kita mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, kita perlu membangun keahlian. Inilah gunanya kita belajar. Sekolah memiliki banyak jenis/macam. Tetapi itu tergantung dengan diri kita sendiri mana yang menurut kita nyaman dan sesuai dengan minat ataupun bakat kita.

       Kebanyakan orang bilang kita memang harus sekolah bahkan sekolah sampai perguruan tinggi. Tapi apa benar untuk masyarakat yang multicultural seperti Indonesia kesadaran masyarakatnya telah benar-benar sadar kalau sekolah itu penting?. Kenyataannya masih banyak di Indonesia anak yang tidak sekolah. Padahal Sekolah adalah tempat pertama kalinya seorang anak belajar bersosialisasi secara formal, dan belajar untuk berkomunikasi dengan lingkungan yang baru.
        Di Indonesia kemauan atau kesadaraan orang tua untuk menyekolahkan anak masih terhitung kurang, karena mereka lebih suka memperkerjakan anak mereka untuk menghidupi kebutuhan keluarga yang seharusnya menjadi kewajiban mereka.
Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kita harus sekolah:
1. Tidak bisa dipungkiri diera masa kini pendidikan formal yang biasanya ditempuh di sekolah, sekolah yang saya maksud adalah sekolah pada umumnya karena tidak dipungkiri ada orang tua tertentu yang menyekolahkan anaknya di rumah istilahnya adalah “home schooling”. Sekolah mengajarkan kita dunia baru yang mengajarkan kita bersosialisasi dengan orang lain yang tentunya baru dan asing. Untuk itu hari pertama di sekolah biasanya diramaikan dengan tangisan anak baru.
2. Sekolah mendidik kita untuk menggali ilmu pengetahuan agar setiap manusia dapat mencapai tujuan dalam hidupnya atau lebih tepat apa yang didambakan dan dicita-citakan dari kecil atau juga setidaknya menjadi manusia seperti manusia kebanyakan yang bersekolah.
3. Sekolah merupakan tempat yang memberikan peluang manusia menjadi lebih berguna bagi bangsa dan negara atau setidaknya berguna bagi keluarga karena semakin tinggi seorang manusia bersekolah tentunya peluang mendapat pekerjaan yang lebih baik.
4. Sekolah juga mendidik manusia untuk memanusiakan orang lain, mengajarkan manusia untuk mengerti dan mencintai orang lain selain dirinya sendiri karena di sekolah tentunya kita akan bertemu dengan manusia dengan sikap dan sifat yang beragam.

       Sekolah ataupun belajar itu semua hak semua orang ketika umur mereka memang harus belajar / bersekolah. Itu adalah hak kita, tidak perlu ditentang oranglain. Karena hanya diri kita sendiri yang membawa kita pada tujuan sendiri. Kita harus niat dan bersungguh-sungguh terhadap suatu hal. Selama kita masih bisa merasakan hal itu semua, jangan sia siakan hal berharga itu. Hal yang sudah hilang tidak akan bisa kembali. Berjuanglah dan mimpi lah setinggi tingginya !!

Baca Juga

>

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Share This Article Now!!!