TIPS AMPUH MEMPERSIAPKAN DIRI MENGHADAPI UJIAN BAGI ANAK SEKOLA


6 KUNCI SUKSES DALAM UJIAN SEMESTER



Dunia sekolah kembali akan disibukkan oleh pelaksanaan ujian semester. Pelaksanaaan ujian semester ganjil ini diperkirakan akan  dimulai  minggu depan. Dengan demikian, baik sekolah penyelenggara maupun siswa harus berbenah diri untuk menghadapi evaluasi semesteran tersebut.

 
Ujian semester merupakan salah satu prosedur evaluasi untuk memperoleh nilai hasil belajar selama satu semester. Bahan ujian meliputi semua kompetensi dasar dalam satu semester. Sedangkan nilai yang diperoleh dari hasil ujian ini akan digabung dan diproses bersama nilai-nilai lain seperti nilai tugas, nilai ulangan harian dan nilai mid semester. Akhirnya diperoleh nilai rapor semester.

Bagi siswa tingkat terakhir di setiap jenjang pendidikan, ujian semester ganjil ini tidak dapat dianggap ringan. Nilai yang diperoleh pada semester ini akan menjadi unsur penilaian dari nilai sekolah (Ns) untuk kelulusan ujian nasional. Oleh sebab itu siswa harus betul-betul siap secara fisik maupun mental.

1. Rajin beribadah dan berdoa
Rajin beribadah dan berdoa akan memberi energi luar biasa bagi siswa untuk menghadapi ujian semester. Kemudian meminta doa restu orang tua, saudara dan teman-teman lainnya. Keberhasilan dalam ujian tak lepas dari restu orang tua dan orang-orang terdekat dengan siswa.

2. Membenahi semua buku catatan pelajaran
Segera benahi semua buku catatan pelajaran, khususnya yang diuji-tuliskan untuk ujian semester. Catatan pelajaran sangat penting artinya untuk mengulang pelajaran kembali di rumah. Nah, bila ada catatan yang tidak lengkap, lengkapilah sesegera mungkin.

3. Memeriksa kembali nilai ulangan harian
Biasanya nilai ulangan harian yang sudah diperiksa dikembalikan oleh guru. Periksa kembali arsip nilai apakah ada nilai yang belum tuntas. Jika ada maka hubungi guru mata pelajaran yang bersangkutan untuk mencari penyelesaiannya. Nilai ulangan harian termasuk unsur penting dalam penentuan nilai rapor kenaikan kelas.

4. Pelajari kisi-kisi soal yang dibagikan guru
Biasanya menjelang ujian semester, guru membagikan kisi-kisi soal ujian mata pelajaran. Apakah siswa sudah memilikinya? Hal ini hanya sekadar untuk pedoman dalam mempelajari materi pelajaran yang akan diujikan.

5. Jaga kesehatan tubuh
Siswa perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ujian dalam kondisi kesehatan terganggu akan merusak konsentrasi ujian. Atau boleh jadi siswa tidak dapat mengikuti ujian karena sakit.

6. Makan dan minum yang cukup
Makan dan minum tidak harus banyak ketika menghadapi ujian semester. Namun yang penting adalah makan dan minum yang cukup mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan otak.

Do not forget the spirit , prayerfully study hard before you are heading toward a test or tests you , it will pave the way to ease yourself towards success .



Baca Juga

>

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Share This Article Now!!!