ASRAMA D'NUMB ADALAH SEBUAH SEKOLAH NON-FORMAL

MENJADI GURU ASRAMA
(Tips Praktiks)
Oleh: Frederick MZq


Sekolah berasrama adalah salah satu jenis tempat pendidikan yang mulai banyak diminati oleh orang tua. Harapan bahwa buah hati mendapatkan pendidikan yang menyeluruh membuat orang memercayakan pendidikan buah hati pada sekolah yang menawarkan layanan asrama di mana siswa akan tinggal dan berinteraksi selama 24 jam dengan lingkungan pendidikan.

Asrama D'Numb Harekakae(Betun-Malaka) sebagai tempat tinggal adalah rumah kedua tempat siswa belajar dan berinteraksi dengan teman sebaya dan guru atau pembina asrama. Untuk dapat menangani siswa yang tinggal di asrama, seorang pembina atau guru asrama wajib belajar lima hal berikut:

1. Psikologi
Menjadi guru asrama berarti Anda menjadi pengganti orang tua. Karenanya Anda perlu memahami perkembangan psikologis siswa yang tinggal dengan Anda. Level perkembangan, karakteristik, hambatan dan solusi masalah yang ada direntangan usia siswa perlu Anda dalami. Ketidakmengertian seorang guru Asrama akan sissi psikologis siswa akan menimbulkan kebingungan penanganan.

2. Teratur
Yuk, belajar teratur! Ketika Anda menjadi seorang guru asrama, artinya Anda akan mengelola orang lain. siswa yang tinggal di asrama akan terus bersama Anda sepulang sekolah hingga pagi hari ketika akan berangkat ke sekolah. Anda perlu membuat jadwal yang mewakili semua kebutuhan siswa di asrama.

3. Pendidikan
Memahami mengenai pendidikan adalah hal yang mutlak Anda perlukan setelah memahami sisi psikologis. Hal ini dibutuhkan karena Anda menghadapi siswa sekolah. Tugas Anda sebagai guru asrama adalah termasuk mendampingi siswa belajar. Anda perlu memahami metode pengajaran dan gaya belajar siswa.

4. Komunikasi
Sebagai seorang guru asrama Anda harus komunikatif. Anda perlu banyak berinteraksi dan ngobrol dengan siswa. Tak hanya itu, Anda juga perlu menyampaikan banyak hal mengenai permasalahan siswa kepada orang tua, hingga mencari solusi yang berguna bagi pengembangan siswa.

5. Empati
Sebagai seorang guru asrama, Anda perlu memiliki empati yang tinggi untuk memahami siswa yang Anda dampingi. Empati akan membantu Anda mampu memosisikan diri sebagai siswa yang sedang mengenyam pendidikan. 

Would you try?

Saya sebagai Bapak Asrama D'Numb Foto Bersama Anak-anak Asrama D'Numb Trans Blok C2 Harekakae (Betun-Malaka-NTT












Baca Juga

>

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Share This Article Now!!!