ANAK-ANAK ASRAMA D'NUMB MENONTON KONSER MUSIK MALAKA


UNGKAPAN HATI MEREKA TENTANG  KONSER MUSIK MALAKA
RABU, 24-KAMIS-25 APRIL 2019
Suasana Konser musik di Lapangan Misi Paroki Betun


Konser berasal dari bahasa Italia : concerto dan Latin : concertare yang artinya berjuang,berlomba dengan orang lain Konser adalah suatu pertunjukan langsung, biasanya musik, di depan penonton. Musik dapat dimainkan oleh musikus tunggal, kadang disebut resital, atau suatu ensembel musik, seperti orkestrapaduan suara, atau grup musik. Konser dapat diadakan di berbagai jenis lokasi, termasuk pub, klub malam, rumah, lumbung, aula konser khusus, gedung serbaguna, dan bahkan stadion olahraga. Konser yang diadakan di suatu tempat yang sangat besar kadang disebut konser arena. Di manapun dilangsungkan, musisi biasanya tampil di atas suatu panggung. Sebelum meluasnya musik rekaman, konser merupakan satu-satunya kesempatan bagi seseorang untuk mendengarkan penampilan seorang musisi.
Untuk menonton suatu konser biasanya dikenakan biaya, walaupun banyak juga yang gratis. Acara konser memberikan keuntungan bagi musisi, pemilik tempat, dan pihak lain yang terlibat dalam suatu konser, atau pada beberapa kasus untuk konser amalTur konser adalah suatu rangkaian konser oleh seorang atau beberapa musisi yang dilakukan di beberapa kota atau lokasi.[1]
Maria Vitoria (Marvi)
Penyanyi asal Timor Leste Maria Vitoria[2] meramaikan Konser Musik Perbatasan Malaka (KMP-MK) 2019 hari pertama yang diselenggarakan di Lapangan Paroki Betun (MISI), Betun, Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (24/4/2019).  Penyanyi yang juga akrab disapa Marvi ini membawakan delapan lagu sekaligus, seperti Bohemian Raphsody, Lagi Syantik, dan Bujangan. Marvi pun sukses membuai ribuan pengunjung yang memadati lokasi acara. "Indonesia itu saudara dan Indonesia punya tanah yang indah," ucap Marvi disambut gemuruh tepuk tangan penonton yang datang. Suksesnya KMP-MK 2019 hari pertama ini membuat Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani bangga. Baginya, KMP-MK 2019 menjadi sinergi bagus antara musisi dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Ini karena musik dan pariwisata adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. "Musik adalah bagian dari budaya serta merupakan duta pariwisata. Musik juga selalu mampu menjadi atraksi terbaik bagi pariwisata," ujar Ricky. Ya, musisi memang kerap menjadi endorser terbaik bagi pariwisata. Bukan hanya itu, kata Ricky, musisi merupakan pelengkap dari elemen 3A (atraksi, aksesibilitas, dan amenitas) yang  dicanangkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.[3]
Bodan Prakoso
Warga Malaka antusias mendatangi lokasi konser untuk menyaksikan penampilan dari Maria Vitoria. Vitoria melantunkan beberapa lagu portu yang digemari para kaum millenial. Di hari kedua, Kamis (25/4/2019), penyanyi ibukota Bondan Prakoso[4] menghibur lagi warga Malaka .Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Malaka, Rofinus Bau mengatakan, event crossborder ini bisa mengekspose keluar kebudayaan dan obyek wisata di Malaka. Melalui event ini, generasi muda termotivasi untuk menjaga dan melestarikan budaya di Malaka.
Warga Malaka memenuhi arena konser di Lapangan Misi Betun
Anak-anak asrama D’Numb juga mengambil bagian di dalam kegiatan menonton konser ini. Walaupun berjalan kaki dari Trans Harekakae menuju lapangan Misi Paroki Betun mereka sangat antusias untuk tidak melewati moment langka ini. Kegiatan konser sangat jarang dilakukan di wilayah Kabupaten Malaka apalagi kegiatan konser musik ini dipentaskan dengan mengundang artis (Penyanyi) dari Jakarta dan Timor Leste.  Setelah melewati kegiatan menonton konser, anak-anak asrama D’Numb mengungkapkan perasaan hati mereka tentang pengalaman mereka setelah menonton konser musik sebagai berikut:



UNGKAPAN HATI PUTRI-PUTRI D’NUMB
1.      Noviana Hoar
Penari Likurai
makna konser bagi diri saya adalah
Ø  Membangun budaya sopan santun dalam bernyanyi.
Ø  Konser musik adalah media yang sangat menghibur diri saya
2.      Maria Gundulfa Nahak
Ternyata semua ini bukan mimpi berdiri, melihat, melihat bagaimana Bondan Prakorso menyanyikan lagu-lagu sambil bergoyang dan melompat sana sini membuat saya sangat terhibur dan merasa sangat senang. Bodan memiliki bakar dan suara yang sangat khas  dan indah untuk didengar. Saya merasa senang bisa melihat artis dari Jakarta konser di Malaka.
3.      Agustina Mariani Laka
Maria Victoria dan Bondan Prakoso mempunyai bakat dalam bernyanyi dan bakat itu mereka kembangkan sampai menjadi seorang penyanyi yang mempunyai ciri khas masing-masing sesuai dengan genre musik yang dianuti. Dari kegiatan konser ini menyadarkan saya bahwa bakat harus dikembangkan tidak boleh dipendamkan di dalam diri saya.
4.      Stefania Tage
Menjadi seorang penyanyi yang profesional[5] harus diasa dengan melatih vokal dan menguasai keterampilan bernyanyi dan merawat pita suara. Saya merasa sangat gembira menonton konser ini.
5.      Gabriela Bano
Goyangan Maria Vitoria sambil bernyanyi
Menonton konser selama 2 malam berturut-turut sangat memuaskan. Ini merupakan pengalaman pertama saya menonton konser.
6.      Evi Veronika Balok
Bagi seorang penyanyi bukan hanya menyanyi saja tetapi harus menyiapkan mental dan suara. Kalau ingin menjadi penyanyi maka saya harus mengembangkan  talenta yang ada di dalam diri saya. Musik[6] adalah media yang sangat menghibur dan menambah inspirasi hidup.
7.      Odilia Luruk
Menjadi seorang penyanyi bukan hanya asal-asalan bernyanyi, tetapi harus fokus, kontrol suara dan penuh penghayatan.
8.      Ansila Seran Banu
Musik menghibur saya disaat kebosanan melanda diri
9.      Sefriana Vidiana Luruk Seran
Penari Likurai, feto rai malaka sedang menunjukkan aksiny
Setelah menonton konser musik saya menemukan inspirasi bahwa bakat itu harus dikembangkan secara terus menerus.

UNGKAPAN HATI PUTRA-PUTRA D’NUMB
ü  Alexandro Nahak: saya merasa sangat senang dan bahagia menonton konser ini karena dengan kegiatan ini meningkatkan semangat di dalam raga dan menciptakan kenangan baru.
ü  Aprianus Atok: Menonton konser musik merasakan suasana yang berbeda, bertemu dengan teman, perasaan antisipasi menanti konser, melihat seseorang yang dikagumi secara langsung dan melebarkan salera musik.
ü  Agustinus Berek: makna konser bagi diri saya adalah
1. menyanyi di depan banyak orang itu harus butuh mental pemberani dengan penguasaan vokal yang maksimal.
2. setelah menonton konser ini, saya berujar kepada diri saya sendiri bahwa mengapa saya harus menyembunyikan bakat saya ini? Saya memberikan afirmasi pada diri bahwa saya harus berani tampil seperti mereka. Saya pasti bisa.
3. Banyak orang sukses dengan menunjukkan bakat dan kemampuan nya. Orang yang tidak sekolahpun bisa sukses karena mereka berani mengembangkan talenta atau potensi di dalam diri dan mereka berani untuk mencoba sesuatu yang baru.
ü  Ferdinandus Tage: bakat itu harus dikembangkan, kalau tidak dikembangkan maka dia akan hilang dari diri kita sendiri. Menjadi seorang penyanyi bukan hanya asal bernyanyi tetapi butuh konsentrasi.

Konser bukan berarti berdiri menjadi target di depan ribuan orang asing. Konser berarti menyatu. Harmoni


           








[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Konser diakses tanggal 27 April 2019 Pukul. 11.30 WITA
[2] Kegagalan adalah sukses yang tertunda adalah peribahasa yang tepat bagi juara The Voice Portugal 2018 yang berasal dari Timor LesteMarvi. Mewakili negaranya, Timor LesteMarvi berhasil keluar sebagai juara The Voice Portugal 2018 pada malam final yang digelar pada 30 Desember 2018 lalu. Namun, tak banyak yang tahu sebelum Marvi menjadi juara The VoicePortugal 2018, gadis asal Timor Leste ini rupanya pernah mengikuti perlombaan dangdut di Indonesia, yakni Dangdut Academy Asia 2. Mungkin sebagian dari kamu masih asing dengan nama Marvi. Lihat https://www.grid.id/read/041603427/pernah-gagal-di-dangdut-academy-asia-siapa-sangka-gadis-asal-timor-leste-ini-justru-jadi-juara-the-voice-portugal-2018?page=all

[4] Bondan Prakoso (lahir di Jakarta8 Mei 1984; umur 34 tahun)[1] adalah pemusik Indonesia yang mengawali karier bermusik sebagai penyanyi cilik pada tahun 80-an. Ia mulai dikenal sejak dirilisnya album Si Lumba-lumba (1989).
Alumni D-3 Sastra Belanda Universitas Indonesia ini memulai karier remaja dan dewasanya saat membentuk grup musik Funky KopralPada tahun 1999 hingga tahun 2002. Kini ia membentuk grup musik baru bernama Bondan Prakoso & Fade 2 Black. Lihat https://id.wikipedia.org/wiki/Bondan_Prakoso

[6] Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama  Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. lihat https://id.wikipedia.org/wiki/Musik

Baca Juga

>

1 Komentar

  1. Infonya bermanfaat sekali, terimakasih sudah sharing.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan, bagi yang membutuhkan Sewa Misty Fan Tangerang untuk keperluan berbagai macam event seperti pesta ultah, pernikahan, pameran, dll. Bisa menghubungi kami Arthur Teknik.

    Untuk baca artikel-artikel terbaru dari kami bisa cek di sini : http://blog.arthurteknik.com/

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

Share This Article Now!!!